7 Objek Wisata yang menarik untuk dikunjungi di Gunung Bromo!!!

Destinasi Gunung Bromo merupakan lokasi wisata yang paling populer juga  indah yang ada di wilayah Jawa Timur. Kemegahan pemandangan alam Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok bisa kita dapatkan dalam satu kawasan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Belum lagi hamparan pasir yang dijuluki pasir berbisik berpagarkan perbukitan yang tertanam kokoh disekelilingnya melengkapi keistimewaan indahnya pemandangan alam di kawasan Gunung Bromo.

Pesona Golden Sunrise Gunung Bromo sebagai moment terbitnya matahari dengan pemandangan terindah yang dinobatkan pada kawasan wisata Gunung Bromo ikut menyempurnakan ketakjuban para wisatawan yang menikmati wisata alam di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur.

Tentu saja bukan tanpa alasan kenapa cukup banyak wisatawan yang di dominasi oleh turis Nusantara ini sangat penasaran ingin mengisi masa wisata di Gunung Bromo yang secara administrasi wilayah nya berada di 4 kabupaten yang ada di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Bisa dikatakan bahwa kawasan Gunung Bromo memiliki pemandangan alam yang paling indah di wilayah Jawa Timur. Kemegahan pemandangan alam Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok bisa kita dapatkan dalam satu kawasan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Agar anda memiliki gambaran mengenai destinasi atau obyek Wisata yang terdapat di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berikut ini kami sampaikan 7 destinasi wisata populer yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang melaksanakan wisata di kawasan Gunung bromo Jawa Timur.

1. Kawah Utama Gunung Bromo

Lokasi Gunung Bromosudah barang tentu akan menjadi destinasi wisata utama yang dikunjungi oleh para wisata wan yang sedang berlibur di kawasan wisata Gunung bromo. Gunung Bromo memiliki kawah dengan ukuran garis tengah sepanjang 800 meter (dari utara ke selatan) dan 600 meter (dari Timur ke Barat). Terdapat sebuah lingkaran raksasa dengan panjang jari-jari lingkaran sepanjang 4 km dari pusat kawah Bromo yang disebut sebagai kawah utama. Kita dapat menyaksikan keindahan fenomena alam ini dari jarak yang sangat dekat.

2. View Point Pananjakan 1 Bromo

Pananjakan 1 berada di ketinggian 2.770Mdpl, adalah tempat yang sangat strategis untuk menyaksikan matahari terbit yang dikenal dengan sebutan Bromo Golden Sunrise. Untuk mencapai wiew point Pananjakan 1 kita harus menggunakan kendaraan Jeep yang memang satu-satunya kendaraan yang beroperasi untuk mengantarkan para wisatawan menuju tempat-tempat wisata utama di sekitar Gunung bromo.

Dalam Paket wisata yang ditawarkan oleh para Agen Tour Wisata Bromo, tempat wisata Pananjakan 1 Bromo akan menjadi lokasi pertama yang dikunjungi pada saat subuh, karena lokasi ini memang sebagai view point kemunculan Golden Sunrise saat pagi menjelang di Gunung Bromo.

3. Gunung Widodaren

Gunung Widodaren berada tidak begitu jauh dari lokasi Gunung Bromo dan masih bersebelahan dengan Gunung Batok yang masih berada di satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Objek Wisata Widodaren memiliki puncak ketinggian 2.614 meter diatas permukaan laut.

Beberapa masyarakat lokal mengatakan bahwa Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat bertapa beberapa penduduk asli suku Tengger untuk mencapai tingkatan Muksha (kesempurnaan). Cerita-cerita berkaitan dengan masyarakat Tengger dan Gunung Widodaren ini menjadi bagian menarik selain keindahan dan pesona alam yang dimiliki Objek Wisata Gunung Widodaren.

4. Bukit Cinta atau Disebut Juga Love Hills

Bukit Cinta Bromo atau Love Hills merupakan obyek wisata yang masih tergolong baru yang dihadirkan untuk melengkapi keseruan wisata di Gunung bromo. Sebagian wisatawan berpendapat bahwa Bukit Cinta adalah View Point Golden Sunrise Gunung Bromo yang tidak kalah bagusnya dengan spot menyaksikan sunrise yang lain. Itu sebabnya apabila Point Pananjakan 1 dirasa sangat ramai dipadati oleh para wisatawan, sebagian pengunjung memutuskan untuk beralih ke Bukit Cinta Bromo.

Selain mendapatkan kenyamanan menyaksikan Golden Sunrise Gunung Bromo, dari obyek wisata Bukit Cinta para wisatawan juga dapat dengan jelas menyaksikan keindahan alam yaitu pemandangan kemegahan 3 buah gunung yang berdiri kokoh berdekatan yakni Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

5. Bukit Hijau Teletubies

Bukit Teletubies Gunung Bromo, Bagi anda yang melewati masa kanak-kanak di era tahun 1997 hingga 2001 akan sangat familiar dengan nama Teletubies. Film cerita anak-anak dengan tokohnya yang dikenal bernama Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, Po dan terkenal dengan kalimat “berpelukaaan”. Dalam cerita tersebut mereka tinggal disebuah bukit indah dibalut tumbuhan hijau di seluruh permukaan nya. Pemandingan bukit yang hijau seperti ini bisa kita dapati di kawasan Gunung Bromo, bukan hanya dalam cerita atau Dongeng belaka.

Pemandangan indah di Bukit Teletubies serta savana yang terdapat dikaki bukit, menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis yang hobby photography. Bahkan tak jarang lokasi Bukit Teletubies Bromo dijadikan tempat untuk pengambilan gambar pra wedding.

6. Lautan Pasir Berbisik

Pasir Berbisik Bromo, adalah lautan hamparan pasir yang membentang luas dikawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Padang pasir yang memiliki luas sebesar 5.920 hektar ini menjadi pemandangan alam yang tidak didapatkan di sekitar pegunungan lain yang ada di Indonesia. Bahkan Taman Nasional Tengger Semeru dinobatkan sebagai satu-satunya kawasan pegunungan satu-satunya yang memiliki lautan pasir yang luas di Nusantara.

Berdasarkan sejarah gunung Bromo, lautan pasir yang terbentuk di lokasi wisata Bromo ini adalah karena adanya letusan kecil dua gunung yang saling berhimpitan, material vulkanik yang terlempar ke tenggara membentuk sebuah lembah besar dan kaldera. Karena dalamnya kaldera, maka materi vulkanik dari letusan lanjutan menumpuk di dalam dan embentuk lautan pasir yang dikenal dengan obyek wisata Pasir Berbisik dengan pemandangan seperti yang terdapat di lokasi wisata Gunung Bromo saat ini.

Mengapa diberi nama Pasir Berbisik? tentu saja bukan tanpa alasan lokasi wisata ini diberi nama Pasir Berbisik. Hembusan angin kencang yang meniup pasir-pasir dilokasi ini menyebabkan butiran-butiran pasir beterbangan keudara. Gesekan antar butiran pasir menimbulan suara desis layaknya manusia yang sedang mengeluarkan suara bisikan. Ini sebabnya lokasi ini diberinama Pasir Berbisik yaang kemudian di populerkan lewat judul film layar lebar karya sutradara Nan Achnas pada tahun 2001. Film yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo ini terbukti mampu mempopulerkan nama Pasir Berbisik yang terdapat di kawasan wisata Gunung Bromo Jawa Timur.

7. Pura Luhur Poten Bromo

Pura Luhur Poten Bromo, adalah sebuah pura tempat persembahyangan masyarakat Hindu Tengger yang tinggal dikawasan Bromo-Tengger. Masyarakat Suku Tengger lah yang hingga saat ini memiliki peranan penting dalam menjaga keluhuran adat serta kesucian kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Pura Luhur Poten merupakan satu-satunya bangunan yang berdiri ditengah hamparan Pasir Berbisik. Bangunan Pura Luhur Poten yang dibangun tahun 2000 ini memiliki beberapa bangunan yang terdiri dari tiga bagian. Masing-masing Mandala Utama yaitu tempat pelaksanaan persembahyangan Padma (tempat pemujaan), Mandala Madya (tengah) sebagai tempat persiapan dan pengiring upacara persembahyangan, Mandala Nista (depan) yaitu tempat peralihan dari luar menuju bagian dalam pura.

Arsitektur yang kental dengan bangunan peribadatan umat Hindu serta upacara agama yang dilakukan di Pura Luhur Poten menjadi daya tarik tersendiri di kawasan wisata Gunung Bromo.

 

Sumber : Kompasiana

Written by Lavensia Tour

Leave a reply