Berburu Sunset di Pura Uluwatu Bali!!

Bali terkenal sebagai salah satu pulau yang masih sangat menjunjung tinggi adat dan budaya. Bali juga termasuk salah satu pulau yang menarik karena sebagian besar penduduknya memeluk agama Hindu. Anda akan merasakan suasana yang berbeda jika Anda mengunjungi pulau ini. Hal inilah yang membuat bali selalu menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi walaupun kita sudah mengunjunginya berkali-kali.

Anda juga dapat dengan mudah menemukan berbagai wisata alam dan wisata pegunungan. Anda dapat juga merasakan wisata budaya yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Bali menjadi salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan liburan dengan paket lengkap. Ada satu tempat wisata yang menyajikan wisata budaya dengan pemandangan luar biasa sehingga menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi saat berlubur ke bali. Tempat tersebut adalah pura Uluwatu Bali.

Pura ini sudah sangat tua. Berdasarkan sejarah, pura Uluwatu ini dibangun pada abad ke 11 atas saran dari mpu Lontar Kuturan. Tujuan dari pembangunan pura ini adalah untuk mengembangkan serta menurunkan ajaran desa adat.

Pura ini selanjutnya juga digunakan sebagai tempat pemujaan Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta suci yang datang untuk menyebarkan ajaran adi luhung dari pulau Jawa pada kisaran tahun 1546. Pada saat itu, kawasan tersebut merupakan kawasan gelgel yang diperintah oleh Dalem Waturenggong.

Mengapa pura ini menjadi salah satu pura terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan?!..

Alasan mengapa pura Uluwatu menjadi salah satu pura yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah karena pura ini berlokasi di tepi laut. Tepatnya menjorok ke arah laut. Dibangun di atas tebing batu yang berbatasan langsung dengan laut membuat pura ini menjadi salah satu pura yang memiliki view yang sangat indah terutama pada pagi dan sore hari saat matahari baru terbit dan akan tenggelam.

Tidak heran pura ini menjadi salah satu pura yang masuk dalam salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi jika berlibur ke bali. Berdiri di atas tebing karang dengan ketinggian 70 meter di atas permukaan laut, pura ini sangat indah dan menarik perhatian baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Pura ini merupakan sebuah tempat ibadah yang ditujukan untuk memuja dewa Rudra.

Tempat ini juga menyelenggarakan pertunjukan tari kecak yang dilaksanakan pada saat matahari terbenam. Jika Anda pemburu matahari terbenam, tempat ini juga menjadi tempat yang harus Anda kunjungi. Hal ini karena matahari tenggelam di pura ini memiliki pemandangan yang unik dan cantik yang sayang jika Anda lewatkan.

Bagi umat hindu sendiri, pura Uluwatu adalah sebuah pura yang menjadi penyangga 9 mata angin. Hal ini membuat pura ini juga disebut sebagai pura Sad Khayangan. Lokasi pura ini berada di desa Pecatu. Letak desa ini ada di kawasan kecamatan Kuta Selatan, Badung. Jika Anda berada di kawasan wisata Kuta, pura ini dapat dijangkau dengan berkendara ke selatan dengan jarak berkisar 25 km.

Jika dilihat dari lokasinya, pura ini berada di bagian barat daya bagian ujung pulau bali. Anda tidak boleh melewatkan pura ini sebagai list tempat yang harus Anda kunjungi. Hal ini karena tempat ini selain menyuguhkan pemandangan yang indah juga memiliki tempat wisata di bali yang cukup terjangkau.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pura indah ini, Anda dapat menjangkaunya dengan mudah karena pura Uluwatu ini berada dekat dengan atraksi wisata lain yang ada di bali. Terutama jika Anda memilih kawasan Kuta sebagai kawasan liburan Anda. Jaraknya yang dekat membuat Anda dapat dengan mudah mengunjungi pura ini.

Di pura ini juga terdapat panggung untuk mementaskan tari kecak secara berkala. Atraksi tarian kecak ini menjadi salah satu atraksi wisata yang banyak diminati wisatawan.

Jika Anda berkunjung ke pura ini jangan lupa untuk menjaga kebersihan terutama dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hormati tempat wisata yang Anda kunjungi karena sebagian tempat wisata merupakan tempat yang dilindungi dan merupakan tempat penting bagi sebagian orang.

 

Sumber : Kompasiana

Written by Lavensia Tour

Leave a reply