Tips Traveling ke Kuala Lumpur untuk Pertama kalinya?

Traveling ke luar negeri emang punya sensasi berbeda menurutku. Karena adanya perbedaan budaya dan bahasa, bikin deg-deg serrr deh pas setibanya disana hahaa. Destinasi luar negeri kali ini adalah Malaysia. Negara tetangga ini cukup aman dan nyaman untuk dikunjungi, baik kamu traveling sendokiran alias sendirian atau mau bulan madu ngajak pasangan. Murah dan nggak susah bagi kamu yang cuma bisa dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Daerah heuheu.

Nah, supaya traveling kamu menyenangkan, aku mau share beberapa tips traveling ke Kuala Lumpur, terutama bagi kamu nih yang baru pertama keluar negeri atau pertama ke Malaysia.

Tips pertama, pastikan pasport kamu punya masa expired diatas dari enam bulan.

Agar kamu bisa aman wira-wiri di imigrasi. Gak lucu kan kalau udah sampe bandara mau flight, eh gagal di imigrasi karena masa pasport kamu yang udah tinggal enam bulan lagi. Sedihnya lagi kalau udah sampe negara tujuan, dideportasi balik, apa kabar itinerary dan hotel yang udah dibooking haha. Petugas imigrasi emang sedikit yang ramah, cuma dua lah dari sepuluh orang. Jadi, santai aja ngadepin petugas imigrasi. Kalau ditanya mau kemana, bilang aja mau Holiday di Kuala Lumpur atau Belanja di KLCC.

Lanjut ke tips yang kedua, booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari.

Karena dengan begitu kamu bakal dapet tiket promo yang murah, syukur-syukur kalau beruntung dapet free seat. Jadi, tinggal bayar airport tax aja sekitar 100-150ribu. Lumayan banget kaan buat kamu yang suka backpackeran. AirAsia jagonya nih soal penerbangan ke Malaysia. Info detailnya kamu bisa kunjungi langsung web resminya. Perjalananku kemarin pun sangat menyenangkan, no delay dan pramugarinya cantik banget, eh hahaa.

Tips ketiga ini gak kalah penting, booking hotel secara online.

Banyak banget pilihan hotel dan penginapan di KL. Harga yang ditawarkanpun variatif. Dari harga 100ribu sampai 1juta per malam. Pinter-pinter kamu pilih penginapan kalau gak mau dapet yang zonk hahaa. Entah itu kamarnya bau, kamar mandinya ada kecoaknya, kamarnya gak aman dan banyak lagi hal lainnya. Aku sarankan booking penginapan secara online, jadi lebih tenang sesampainya disana dan lebih efisien waktu juga.

Lanjut ke tips yang keempat yaitu bawa MiFi.

Mungkin ada yang belum tahu nih MiFi itu apa, aku jelasin dikit yaa. MiFi ini singkatan dari Mobile Wi-FI yang berperan sebagai WiFi Hotspot. Ini cocok banget kalau kamu yang traveling in a small group ke luar negeri. Jadi gak repot dan lebih hemat, kamu tinggal beli satu simcard lokal, terus pasang deh di MiFi. Setelah itu, udah bisa bebas internetan saat traveling. Kalau kamu belum punya, sekarang juga udah banyak jasa yang menyewakan perangkat ini. Selama di KL aku ditemani dengan Alcatel MW40C, kekuatannya nangkep sinyal stabil baget, apalagi pas aku di dalem goa Batu Cave, tetep bisa update di sosmed hahaa. Kalau kamu juga tipikel orang yang simpel, Alcatel MW40C ini cocok. Gak perlu setting internet, tinggal pasang terus MiFi nya langsung menyesuaikan hahaa azhek banget kan, udah gitu bisa jalan di jaringan 2G, 3G dan 4G LTE semua operator.

Alright, satu lagi nih tips terakhir dari aku, bawa uang secukupnya dan bawa kartu ATM yang berlogo Cirrus/Visa/Mastercard.

Menukar uang secukupnya di Indonesia penting banget gaess. Karena rate kurs di Indonesia jauh lebih bagus ketimbang di negeri tujuan kita yang pasti lebih mahal. Selisihnya bisa 1000 sampai 2000 kalau nukar uang disini, mending kalau nukarnya sedikit, jika dikalkulasi dalam jumlah banyak kan jadi lumayan banget, wagelaseh berkurang deh tabungan nikah lu jombs hahaa. Dan jangan lupa bawa kartu ATM yang berlogo Cirrus/Visa/Mastercard sebagai cadangan kalau kamu perlu dana tambahan. In case aku pakai BCA, tiap tarik tunainya dikenakan biaya Rp. 25.000.

Itu tadi 5 tips buat kamu yang perdana keluar negeri, terutama Kuala Lumpur, Malaysia. Semoga bermanfaat yaa gaess

 

Sumber : kompasiana.com

Written by Lavensia Tour

Leave a reply